Sabtu, 29 Desember 2012

Faedah Surya dan Bulan untuk kehidupan

41. Apakah faedah langsung yang didapat dari Surya dan Bulan bagi kehidupan

Faedah langsung dari Surya  untuk kehidupan manusia banyak sekali, di antara lain: 

  1. Surya itu saling bertarikan dengan Bumi yang kita diami, hal itu menyebabkan planet ini senantiasa mengorbit keliiling bola api itu. Selanjutnya orbit itu menjamin ketentraman wujud Bumi hingga tidak melayang jauh mengembara di angkasa luas hingga akhirnya berantukan dengan Tatasurya lain.
  2. Surya senantiasa mengirim panas ke permukaan Bumi hingga dengan itu berlangsung kehidupan yang berkelanjutan. Dengan rotasi, Bumi menghadapkan permukaannya bergiliran terhadap Surya maka dengan itu terjadilah pergantian siang dan malam, dan dengan itu juga terdapatlah gerak udara dan awan yang membawa hujan. Hal itu cukup dibuktikan oleh ayat 10/5 dan 10/6. Tanpa pergantian siang dan malam akan musnahlah hidup tetapi ini dijamin oleh Allah pada ayat 28/73. Dalam pada itu ayat 16/16 menyatakan hubungan magnet antara Surya dan Bumi, sesudah topan Nuh berlakulah pergantian musim serta gerak perpindahan posisi jarum kompas sejauh 10 derajat maximal dan berkepanjangan. Hal demikian berlaku juga pada setiap planet dalam Tatasurya ini. Mengenai faedah Bulan selaku satelite yang mengorbit keliling Bumi, pada garis besarnya adalah sebagai berikut:
  3.  Bulan menimbulkan pasang surut dan pasang naik di lautan. Hal itu amat berguna bagi makhluk yang hidup didalam air, sama gunanya dengan gerak udara bagi yang hidup di daratan.
  4. Bulan juga berfaedah untuk menentukan penanggalan yang stabil dan permanen, karena dia beredar keliling Bumi dengan gerak yang stabil dan permanen pula, disebutkan oleh ayat 10/5 dan 9/36.
Faedah yang disebutkan disini ialah yang besar-besar saja, padahal banyak sekali gunanya kedua benda angkasa itu bagi kehidupan umum begitupun bagi peningkatan ilmu dan iman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan anda berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan