Sabtu, 26 Januari 2013

Sinar bukan partikel

49. Kalau sinar itu bukan partikel maka cara bagaimana bisa terwujud sinar spektrum


Sinar spektrum adalah suatu penamaan yang diberikan pada sianr yang melalui kaca prisma menjadi tujuh warna dari merah muda sampai pada ungu tua atau dari infra red sampai pada ultra violet. Sering warna yang tujuh ini menimbulkan persangkaan orang bahwa sianr itu adalah partikel. Sebagai dikatakan pada soal no.46 bahwa sinar itu bukanlah partikel dan bukan pula termasuk bahagian dari tubuh atom seperti termuat juga pada keterangan no.47 dan 48, maka nyatalah sinar spektrum itu juga bukan partikel.

Orang dapat memperhatikan bahwa kaca prisma itu terdiri dari susunan atom yang menjadi benda padat, maka betapa orang dapat menyatakan bahwa sinar itu partikel sedangkan dia harus melalui atom-atom yang tersusun rapat pada kaca prisma yang walaupun bagaimana juga tebalnya akan dilaluinya memakai kecepatan yang sama dengan yang di luar kaca prisma itu. Selanjutnya sinar spektrum tersebut bukan saja dapat dihasilkan oleh sinar yang datang dari Surya tetapi juga dihasilkan oleh sinar api atau lampu yang ada di Bumi ini.

Kesimpulannya ialah bahwa sinar spektrum itu bukanlah partikel tetapi sama dengan segala macam sinar lainnya yang non partikel. Hanya dia kelihatan menjadi tujuh warna sesudah memantul pada Mar'a sesuatu benda, dihasilkan oleh pembelokan sinar atau pantulan sinar yang kejadian pada inti kaca prisma itu sendiri. Warna-warna itu timbul disebabkan oleh perbedaan bahagian sinar yang melalui jumlah pantulan yang berbeda pula sewaktu menerobos kaca prisma, karenanya orang harus membuat kaca prisma itu segi tiga pada mana tidak ada bahagian kaca yang sama tebalnya untuk dilalui oleh sinar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan anda berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan